test

News

Rabu, 21 Desember 2022 06:33 WIB

Waspada! Terjadi Peningkatan Awan Kumulonimbus pada 21-27 Desember

Editor: Ferro Maulana

Awan kumulonimbus. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca khusus penerbangan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Yaitu akan terjadi peningkatan awan kumulonimbus yang berpotensi terjadi selama 7 hari ke depan, sejak 21-27 Desember 2022, yang mana bisa mengganggu penerbangan.

“Untuk penerbangan juga potensi awan kumulonimbus terdeteksi di wilayah udara Indonesia. Terkait dengan jalur penerbangan dengan persentase cakupan spasial lebih dari 75 persen atau kategori frekuen,” terang Ketua BMKG Dwikorita Karnawati, Selasa (21/12/2022).

“Artinya ini perlu diwaspadai dapat mengganggu penerbangan yaitu selama periode 7 hari ke depan yang berlaku mulai besok 21 hingga 27 Desember 2022 di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan,” jelasnya menambahkan.

Merunut berbagai fenomena dan potensi cuaca ekstrem, gelombang ekstrem atau awan-awan kumulonimbus yang mampu mengganggu penerbangan.

Karena itu, lanjut Dwikorita, BMKG perlu merekomendasikan kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan persiapan untuk mitigasi.

“Antara lain pastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan hingga mencapai sangat lebat bahkan kemungkinan ekstrem,” tandasnya.

BERITA TERKAIT