test

News

Jumat, 25 November 2022 06:01 WIB

Polri Ungkap Sebab Munculnya Asap di Gedung Baintelkam

Editor: Hadi Ismanto

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Polri menyebut asap tebal yang sempat mengepul di salah satu gedung Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) disebabkan baterai UPS yang korslet saat akan dipindahkan.

"Baterai UPS yang sudah lama dan akan dipindahkan oleh teknisi dari salah satu ruangan, mau dipindahkan ke kantor lain," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Menurut Ramadhan, baterai UPS menyimpan daya listrik dan sensitif. Saat mengetahui baterai UPS korslet, petugas di lokasi langsung mengambil alat pemadam api ringan dan menyemprotkan ke titik korslet. Upaya ini menimbulkan banyak asap.

"Baterai UPS yang lama itu kan masih menyimpan daya listrik. Waktu mau dipindah mengalami korsleting. Terus disemprot pakai alat pemadam yang ringan itu hingga mengakibatkan asap jadi terlihat banyak," tuturnya.

Ramadhan mengatakan munculnya asap dilihat oleh petugas pelayanan markas (yanma) yang tengah piket. Menurutnya, khawatir terjadi kebakaran besar, petugas Yanma menelepon pemadam kebakaran (damkar).

"Piket Yanma melakukan pencegahan karena khawatir dengan panggil damkar. Semuanya sudah terkendali sekarang," tukasnya.

BERITA TERKAIT