test

News

Minggu, 2 Oktober 2022 13:59 WIB

Jokowi Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan terjadinya tragedi yang menewaskan 130 orang saat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) kemarin.

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepakbola di Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan ini di masa datang," ungkap Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Pada kesempatan yang sama, Presiden juga memberikan arahan khusus kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jokowi ingin tragedi di Stadion Kanjuruhan ini diusut tuntas.

"Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ujarnya.

Selain Kapori, Jokowi juga telah meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. untuk memastikan korban yang dirawat mendapatkan pelayanan terbaik.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta Menpora dan Ketum PSSI melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola. Selain itu, Jokowi memerintahkan agar Liga 1 disetop sementara.

"Untuk itu, saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," tukasnya.

BERITA TERKAIT