test

News

Jumat, 2 September 2022 13:23 WIB

Soal Kenaikan BBM, Jokowi: Semuanya Masih Dikalkulasi

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) masih dikalkulasi. Dia menyebut hitung-hitungan harga BBM bersubsidi baru akan disampaikan oleh menterinya pada hari ini, Jumat (2/9/2022).

Pernyataan tersebut diungkapkan Jokowi disela pembagian BLT BBM dalam kunjungan kerja di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, sebagaimana dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Untuk (kenaikan harga) BBM-nya semuanya masih dikalkulasi, dan hari ini akan disampaikan kepada saya mengenai hitung-hitungan dan kalkulasinya," jelas Jokowi.

Sejumlah menteri sebelumnya telah mengkaji perhitungan harga BBM bersubsidi seperti Pertalite dan solar. Bahkan beberapa waktu lalu, Jokowi menyebut memang penundaan kenaikan harga BBM karena masih proses hitung.

"BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati. Masih dalam proses dihitung dengan penuh kehati-hatian ya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan harga BBM akan naik dalam beberapa waktu ke depan. Namun, mengenai waktu pasti masih menunggu pengumuman langsung dari Presiden Joko Widodo.

Luhut mengatakan, kenaikan harga BBM sudah melalui tahap kajian dan penghitungan yang matang, untuk itu masyarakat diminta tenang dan menerima apapun yang telah menjadi kebijakan pemerintah.

"Kita sudah hitung dengan cermat dan tentu ada waktunya nanti akan di situ (harga BBM naik), tapi presiden memerintahkan kami untuk cermat supaya rakyat menerima nanti bantuan langsung tepat sasaran," tutur Luhut di Banyuwangi, Kamis (1/9/2022) kemarin.

BERITA TERKAIT