test

News

Senin, 22 Agustus 2022 13:02 WIB

Menkes: Jangan Khawatir, Penularan Cacar Monyet Lebih Sulit dari Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir dengan temuan satu kasus cacar monyet di Indonesia. Pasalnya, penularan virus ini berbeda dengan Covid-19.

Menurut Budi, penularan cacar monyet jauh lebih sulit apabia dibandingkan Covid-19. Cacar monyet hanya menular ketika sudah terjadi gejala, sedangkan Covid-19 bisa menular di saat pasien tidak tahu dia sebenarnya sakit.

"Cacar monyet dia bintik-bintik dulu, keluar nanah, baru menular. Kalau belum keluar bintik-bintik dia gak menular," ungkap Budi saat konferensi pers seusai membuka The 3rd G20 Health Working Group di Bali, Senin (22/8/2022).

Oleh karena itu, Budi berpesan untuk menghindari cacar monyet jauh lebih mudah ketika gejalanya sudah terlihat. Kondisi terebut harus diantisipasi dengan menghindar dan jangan dekat-dekat.

"Penularan cacar monyet gak semudah Covid yang ngomong saja, muncrat keluar," ujarnya.

Dia menambahkan, tanpa kontak fisik cacar monyet tidak akan menular. Selain itu, vaksin cacar monyet sama dengan vaksin cacar karena virusnya sama.

Menkes menjelaskan, vaksinasi cacar sudah pernah diberikan di Indonesia terutama pada orang-orang yang lahir di tahun 1980-an. Berbeda dengan COVID-19 yang bertahan enam bulan, vaksin cacar berlaku seumur hidup.

"Memang tidak proteksi 100 persen tapi tetap ada proteksi. Itu sebabnya di Asia lebih rendah dibanding prevalensi di Eropa. Asia dulu kita kena pandemi cacar lebih belakang dengan Eropa," tukasnya.

BERITA TERKAIT