test

News

Jumat, 3 Juni 2022 15:43 WIB

Menkes: Kasus Cacar Monyet Belum Ada di Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Lebih dari seratus negara telah melaporkan kasus cacar monyet (monkeypox). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan belum ada temua kasus ini di Indonesia. Kendati begitu, sejumlah kewaspadaan untuk mencegah penularannya tetap dilakukan.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan monkeypox belum terdeteksi di Tanah Air. Pihaknya terus melakukan monitoring dalam mengetahui penyebaran kasus cacar monyet.

"Monkeypox belum terlihat, kita terus monitor terus," tegas Menkes Budi di Jakarta, Jumat (3/6/2022)

Menurut Budi, virus cacar monyet (monkeypox) sudah terdeteksi di 192 negara. Oleh karena itu, virus ini tengah menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Data ada 192-an negara di seluruh dunia yang sudah masuk. Dengan begitu kita bisa lihat data sebarannya, tapi belum ada di Indonesia,” lanjutnya.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), virus cacar monyet ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak dekat dengan lesi, cairan tubuh, tetesan pernapasan, dan bahan yang terkontaminasi seperti tempat tidur.

Penyakit cacar monyet biasanya sembuh sendiri, tetapi parah pada beberapa individu, seperti anak-anak, wanita hamil atau orang dengan penekanan kekebalan karena kondisi kesehatan lainnya.

BERITA TERKAIT