test

Regional

Jumat, 19 Agustus 2022 13:43 WIB

Banjir Genangi Kota Medan, 6.323 Rumah Terendam

Editor: Ferro Maulana

Banjir di Kota Medan. (Foto: BNPB)

PMJ NEWS -  Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Medan, Sumatera Utara.

Luapan air terjadi pada Kamis (18/8/2022) dinihari, pukul 01.00 WIB, yang menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan kepada Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat beberapa titik yang tergenang air banjir serta terbagi di 10 kecamatan.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan wilayah kecamatan yang terdampak meliputi Kecamatan Medan Johor, Medan Selayang, Medan Maimun, Medan Baru, Medan Sunggal, Medan Polonia, Medan Petisah, Helvetia, Medan Barat dan Medan Labuhan.

Adapun dari keseluruhan wilayah terdampak tersebut tercatat ada kurang lebih 6.323 rumah yang terendam banjir dengan variasi tinggi muka air 0-200 sentimeter.

Di samping itu, juga terdapat unit sarana ibadah, 4 sekolah, termasuk 1 ruas jalan yang turut terdampak banjir. 

"Banjir telah berdampak pada 8.067 KK atau 25.383 jiwa. Adapun 15 jiwa terpaksa mengungsi atas banjir tersebut," ucap Muhari di Jakarta, Jumat (19/8/2022). 

Sementara itu, BPBD Kota Medan juga sudah melakukan monitoring dan kaji cepat sekaligus memberikan dukungan terhadap warga terdampak.

Bersama lintas instansi terkait, BPBD Kota Medan juga mengupayakan pemulihan dini dan membantu membersihkan sampah serta lumpur yang terbawa banjir.

BERITA TERKAIT