test

Kesehatan

Kamis, 4 Agustus 2022 10:04 WIB

5 Tips Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Editor: Hadi Ismanto

Tetap jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penularan berbagai penyakit. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Saat ini sebaran wabah penyakit seperti virus Covid-19, Hepatitis akut misterius dan cacar monyet atau monkeypox masih perlu diwaspadai. Untuk menghindari penularan, menjaga kesehatan tentu menjadi satu sangat penting.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022), berikut lima tips untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindari dari paparan virus yang menyebabkan gangguan kesehatan.

1. Olahraga
Direktur Lab Kinerja Manusia di Appalachian State University, David Nieman, DrPH mengatakan olahraga adalah salah satu awal agar seseorang tetap bugar dalam beraktivitas.

"Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi hari sakit," kata David Nieman seperti dilansir dari laman WebMD.

2. Rutin Mencuci Tangan
Menjaga kebersihan tangan jadi salah satu perhatian agar tetap sehat. Sebab tangan menjadi salah satu sumber kuman/bakteri karena segala aktivitas anda bisa menyentuh apa pun.

"Untuk mencegah kuman-kuman itu, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik," ungkap CDC.

3. Minum Vitamin D
Selain olahraga dan kebersihan, asupan vitamin D juga sangatlah penting. Melansir Healthline kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan yang lemah.

Hasil dari studi 2012 di jurnal Pediatricsmenyarankan bahwa semua anak harus diperiksa kadar vitamin D yang memadai. Ini sangat penting bagi mereka memiliki kulit gelap, karena mereka tidak mendapatkan vitamin D dengan mudah dari paparan sinar matahari.

4. Istirahat dan Tidur Cukup
Beristirahat bagi manusia juga penting, terlebih jika telah terpapar virus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.

5. Konsumsi Sayuran Hijau
Konsumsi sayur hijau bagi kesehatan sangat bermanfaat karena bisa mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut penelitian pada tikus, makan sayuran mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel tertentu untuk fungsi sistem kekebalan yang efisien.

Dalam studi ini, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau, kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel.

BERITA TERKAIT