test

Fokus

Minggu, 10 Juli 2022 17:45 WIB

Hari Raya Idul Adha, Momen Teladani Keimanan Nabi Ibrahim

Editor: Ferro Maulana

Momen Hari Raya Idul Adha. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak jajarannya untuk meneladani keimanan Nabi Ibrahim AS. Hal tersebut disampaikan langsung dalam penyerahan simbolis hewan kurban di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Minggu (10/7/2022). 

Sigit menuturkan hal yang paling utama dilakukan di momen Lebaran Haji yaitu rasa syukur serta meneladani keimanan Nabi Ibrahim AS.

"Yang paling utama adalah semuanya kita lakukan sebagai bentuk syukur yang tentunya ini menjadi tedalan terkait dengan keimanan dari Nabi Ibrahim AS pada saat itu,” terang Kapolri, di Jakarta, Minggu (10/7/2022).

“Tentunya kemudian ini menjadi tauladan bagi kita semua untuk terus meningkatkan ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT," tambahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara simbolik menyerahkan 112 hewan kurban sapi . (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara simbolik menyerahkan 112 hewan kurban sapi . (Foto: PMJ News)

Dalam kegiatan penyerahan simbolis hewan kurban tersebut, terdapat 112 hewan kurban yang akan disembelih. Dari jumlah tersebut, terdapat 110 ekor sapi dan 2 kambing yang nantinya akan dibagikan kepada masjid hingga pondok pesantren sekitar.

"Kemudian tentunya (hewan kurban ini) akan didistribusikan ke Masjid-masjid terdekat. Kemudian Masjid-masjid yang ada di asrama (Polri) dan beberapa juga pondok pesantren," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolri juga mengimbau masyarakat menyelenggarakan pemotongan hewan secara prosedur yang telah diterapkan. Hal ini mengingat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan masih ada.

"Kedua ada peraturan terkait bagaimana menyelenggarakan atau memotong hewan kurban RPH (Rumah Pemotongan Hewan), untuk mencegah meluasnya wabah tentang penyakit mulut dan kuku sehingga tentunya kita harus melaksanakan sesuai dengan SOP terkait dengan pelaksanaan hewan kurban," pungkas Sigit.

Polda Metro Sembelih 198 Sapi

Polda Metro Jaya menyembelih 198 ekor sapi di Hari Raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/7/2022). Daging hewan kurban sebanyak 11 ton pun diolah menjadi rendang untuk dibagikan kepada masyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menjelaskan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022 menjadi momentum mengembangkan ekosistem baru dalam berkurban.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Menparekraf Sandiaga Uno memasak rendang Bersama. (Foto: PMJ News/ Istimewa)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Menparekraf Sandiaga Uno memasak rendang Bersama. (Foto: PMJ News/ Istimewa)

Karena itu, pihaknya mengolah daging kurban menjadi rendang bekerja sama dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Hari ini Polda Metro Jaya melaksanakan kurban sekaligus melaksanakan program dan mengembangkan ekosistem kurban barokah,” ungkap Fadil, di Mapolda Metro Jaya, Minggu (10/7/2022).  

Ekosistem yang terlibat di dalamnya ada UMKM, relawan dan anggota," sambungnya.

Fadil kembali mengungkapkan, program ekosistem kurban barokah bisa bermanfaat dari hulu hingga ke hilir. Sebab prosesnya melibatkan banyak pihak dan dipastikan kebersihannya.

"Polda Metro Jaya akan membagikan 11 ton rendang yang dikelola oleh UMKM, dikemas secara higienis. Besok mulai dibagikan oleh para relawan ke seluruh wilayah Polda Metro Jaya," ujarnya.

Pihaknya pun menyakini, bahwa program itu terus digelorakan ke depan akan ada banyak yang terlibat. Ia pun mencontohkan perhitungan dalam kerja sama bersama UMKM tersebut.

"Misalnya kita kasih 200 kilogram yang dimasak itu menjadi rata-rata kalau satu ton itu menjadi 1.100 pack kalau ukurannya 800-1 kilogram itu mungkin 800 kita ambil sisanya 200 untuk UMKM dia jual," jelasnya menutup pembicaraan.

Jokowi Serahkan Sapi Kurban 1,2 Ton ke Masjid Istiqlal

Di momen Idul Adha, Presiden Joko Widodo menyerahkan sapi kurban miliknya ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, hari ini Minggu (10/7/2022).

Untuk diketahui, sapi itu mempunyai berat mencapai 1,2 ton. Acara tersebut dilakukan secara simbolis dan diterima oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Pusat Nasaruddin Umar.

Nasaruddin menuturkan, sapi milik Jokowi akan disembelih besok Senin (11/7/2022).

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi direncanakan akan melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi direncanakan akan melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

"Ya, penyembelihan hewan kurban, Presiden di sini, besok. Kurban dari Presiden itu tadi satu ekor yang sangat besar, 1,2 ton,”ucap Nasaruddin di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022).

“Kemudian itu sudah dites beberapa kali, sehingga betul-betul sehat," katanya lagi.

 Masih dari penuturan Nasaruddin, Masjid Istiqlal tidak sembarangan menerima hewan kurban. Hewan yang akan disembelih di Masjid Istiqlal harus dipastikan memiliki sertifikat sehat.

"Alhamdulillah kita juga berharap hari ini masih ada data-data yang melapor ke kita tapi sapinya belum datang. Kita memang agak ketat ya, pokoknya tidak boleh masuk binatang sebelum ada sertifikat bersihnya," jelasnya. 

Sebagai informasi, ada sekitar 32 ekor sapi, dan 16 kambing yang nantinya akan disembelih di Masjid Istiqlal.

Nasaruddin pun mengungkap bahwa Jokowi sempat menyampaikan rasa gembiranya ketika melihat kondisi Masjid Istiqlal pascarenovasi.

"Presiden sangat bahagia gembira, sangat senang melihat, Masjid Istiqlal sudah seperti ini. Dia bandingkan waktu sebelum direnovasi, Masya Allah, sekarang ini menjadi kebanggaan kita semua," tutupnya.

Islam Sangat Menghargai Nilai Kemanusiaan

Terpisah, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto bersama sejumlah pejabat parpol melaksanakan salat Iduladha 1443 H di DPP Golkar, Jakarta Barat, Minggu (10/7/2022).

Dalam sambutannya, Airlangga menyebut Idul Adha adalah waktu tepat untuk menunjukkan takwa kepada Allah SWT.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga dapat ambil hikmah keteladanan yang telah ditunjukkan oleh keluarga nabi Ibrahim AS yang telah berkurban karena ketakwaan kepada Allah SWT," tutur Airlangga.

Airlangga menjelaskan, Idul Adha atau momentum yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan cara berkurban seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim AS.

Airlangga menambahkan, ketaatan Nabi Ibrahim membuat Allah mengganti perintah menyembelih anaknya Nabi Ismail menjadi domba. Hal itu juga menunjukkan islam mengajarkan menghargai kemanusiaan.

"Kemudian Allah SWT memerintahkan kembali mengganti menyembelih anaknya dengan seekor domba. Hal ini menunjukkan ajaran islam sangat menghargai nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya.

“Dengan berkurban kita berbagi dengan sesama dan kita berbagi hewan kurban bagi masyarakat yang membutuhkan," urainya menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT