test

Regional

Kamis, 7 Juli 2022 22:01 WIB

Waspada! 19 Wilayah di NTT Ini Rawan Terjadi Karhutla

Editor: Ferro Maulana

Kebakaran hutan dan lahan. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) rawan terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan 19 daerah rawan itu yang akan terjadi di NTT.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi menjelaskan ada 19 daerah dengan tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah dari 22 kabupaten dan kota di NTT.

Menurutnya, daerah yang berstatus sangat mudah terjadi karhutla antara lain, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, dan Rote Ndao.

Kemudian, wilayah Sabu Raijua. Selain itu Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Agung melanjutkan, rumput atau dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan di daerah-daerah tersebut dalam kondisi kering dan mudah terbakar.

Karena itu, saat ada titik api yang muncul di area terbuka maka berpeluang besar memicu terjadinya karhutla.

Masyarakat pun diminta agar tidak melakukan kegiatan yang dapat memunculkan titik api seperti membuka lahan pertanian dengan cara membakar maupun membuang puntung rokok sembarangan di daerah terbuka.

“Kondisi angin kencang yang bersifat kering di musim kemarau juga dapat membuat karhutla dengan cepat meluas dan sulit untuk ditangani,” tandasnya.

 

 

BERITA TERKAIT