test

Kesehatan

Rabu, 22 Januari 2020 08:03 WIB

Solusi Sederhana dari Penyakit Trigger Finger

Editor: Ferro Maulana

Penyakit Trigger Finger. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ – Smartphone dan sejenisnya sudah menjadi kebutuhan wajib masyarakat saat ini. Tentunya, handphone mampu membantu aktivitas atau keseharian kita.

Namun demikian, wanita dan orang-orang berusia di atas 45 tahun beresiko tinggi terserang gangguan kesehatan sendi (trigger finger). Karena itu kamu perlu isirahat sejenak saat sedang menggunakan laptop dan gawai, apalagi saat sedang bekerja maupun bermain game.

Penyakit trigger finger ditandai dengan gejala jari yang kaku dan sakit ketika sedang menekuk atau merenggang. Penggunaan laptop atau gawai dalam waktu lama lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan ini.

Selain menyebabkan nyeri ,penyakit ini juga sering menimbulkan gejala lain berupa benjolan di pangkal jari dan rasa nyeri saat menggenggam sesuatu. Akibatnya, kekuatan genggaman jadi berkurang dan membuat aktifitas menjadi terganggu.

Namun demikian, kamu jangan khawatir. Karena, PMJ News akan memberikan solusi kesehatan dari penyakit Trigger finger. Antara lain, menghentikan penggunaan laptop dan gadget sejenak dan mengompres bagian jari yang nyeri atau benjol selama 15 menit dengan air dingin.

Selanjutnya, merendam jari dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit, agar peredaran darah jadi lancer dan mempercepat penyembuhan radang, memakai hand splint supaya jari-jari tetap lurus selama kamu tidur. Penggunaan hand splint biasanya berkisar 6 Minggu atau lebih tergantung tingkat keparahan penyakit, dan terakhir mengonsumsi obat pereda nyeri (misalnya ibuprofen, paracetamol) untuk mengurangi rasa nyeri saat beraktifitas. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT