test

Kesehatan

Rabu, 29 Januari 2020 09:04 WIB

Otot Sering Kaku? Cobalah 4 Stretching Sederhana Ini

Editor: Ferro Maulana

Peregangan otot bisa dilakukan disela aktivitas kerja (Foto: Dok Net)

PMJ - Rutinitas kerja terkadang mengharuskan pegawainya duduk dalam jangka waktu lama. Kondisi ini tentu membuat kamu merasa pegal, otot-otot menjadi kaku dan rasa nyeri. Kalo sudah begini, cobalah melakukan gerakan stretching sederhana.

Seperti dilansir laman Netdoctor, Rabu (29/1/2020), stretching bisa membuat otot-otot di dalam tubuh tetap lentur alias tidak kaku. Berikut empat gerakan stretching yang bisa dilakukan disela-sela aktifitas kamu.

1. Stretching leher

Stretching leher bisa dilakukan sambil duduk. Tempatkan tangan kiri di sisi bagian kanan kepala dan tangan kanan di belakang punggung. Lalu tarik pelan kepala, ke sisi sebelah kiri hingga terasa di bagian leher.

Tahan posisi tersebut selama 20 sampai 30 detik. Ulangi gerakan yang sama untuk posisi sebelah kanan.

2. Stretching berdiri

Posisikan tubuh dalam posisi berdiri, gunakan dinding atau pintu jika butuh sokongan tambahan. Tekuk kaki sebelah kanan, pegang bagian atas kaki kanan arahkan ke arah bokong sisi kanan. Bagian lutut mengarah ke bagian bawah atau ke lantai.

Dengan posisi ini, kamu akan merasakan peregangan di bagian paha sebelah kanan. Miringkan pinggul ke depan untuk merasakan peregangan di bagian atas paha. Tahan selama 20-30 detik. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki kiri.

3. Stretching dada

Berdirilah dengan sikap tegap sambil menjepit tangan di belakang, remas bahu saat mengangkat tangan. Angkat lebih tinggi untuk merasakan peregangan yang lebih dalam. Tahan posisi itu selama 20-30 detik.

4. Cat stretch

Lakukan telungkup atau posisi seperti merangkak dengan punggung lurus dan tegak. Posiskan dagu tepat di bagian dada, lalu kontraksikan perut dengan lembut saat.

Ketika melakukan ini, jangan sambil menahan napas ya! Tahan posisi ini selama lima detik, biarkan diri merasa rileks lalu ulangi hingga total lima lengkungan.(Hdi)

BERITA TERKAIT