test

Kesehatan

Kamis, 27 Februari 2020 09:03 WIB

Awas, Ini Efek Samping Konsumsi Kopi Berlebihan

Editor: Ferro Maulana

Minum kopi kental punya banyak manfaat (Foto: Dok Net)

PMJ - Sejak dulu masyarakat Indonesia menyukai kopi, namun kebanyakan hanya orangtua saja yang mengkonsumsinya. Seiring perkembangan zaman, minum kopi kini menjadi tren dikalangan generasi muda.

Kopi mengandung kafein sehingga memiliki manfaat bagi  Tapi apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa memberikan efek samping. Itu sebabnya perlu penyesuaian porsi yang tepat untuk mengonsumsi kafein dalam rutinitas setiap hari.

Seperti dilansir laman Askmen, Kamis (27/2/2020), berikut beberapa efek samping dari kafein jika kamu mengkonsumsi banyak kafein dan bagamana cara mengatasinya.

1. Merasa gelisah

Kafein adalah stimulan saraf pusat dan secara langsung menargetkan sistem pemrosesan inti dalam tubuh. Kafein memblokir reseptor adenosin dan pada saat yang sama meningkatkan adrenalin, glutamat, dan dopamin. Konsumsi kopi meningkatkan tekanan darah.

Ketika sistem saraf mendapat terlalu banyak kafein, orang mulai merasa gelisah dengan perubahan suasana hati dan lekas marah. Cara mengatasinya, coba ganti secangkir kopi dengan secangkir teh untuk memperlambat konsumsi kafein.

2. Sering ke kamar kecil

Kopi bersifat diuretik, artinya orang harus sering buang air kecil. Namun, ini mungkin lebih buruk dalam hal minuman energi karena mengandung lebih banyak kafein daripada kopi. Dosis tambahan kafein dapat memengaruhi kesehatan usus.

Kandungan asam dalam kopi dan minuman energi berbasis jeruk dapat memicu sering ke kamar mandi. Cara mengatasinya, bisa dengan mengganti kopi biasa dengan minuman lain untuk mengurangi asupan asam. Ini akan memperlambat pergerakan cairan melalui perut.

3. Kesulitan tidur

Tahukah bahwa penarikan kafein dapat mengganggu siklus tidur? Ini dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan membua  selalu merasa tertidur. Kadang-kadang, jika tidak mendapatkan kafein bahkan dapat menyebabkan gejala seperti flu. Cara mengatasinya, jangan minum kopi setelah pukul empat sore. Ini akan membantu tertidur pada waktu yang teratur.(Hdi)

BERITA TERKAIT