test

Regional

Senin, 6 Juni 2022 17:22 WIB

Gunung Api Ile Lewotolok Keluarkan Erupsi Capai 700 Meter, Status Siaga

Editor: Ferro Maulana

Gunung Api Ile Lewotolok. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Petugas Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok di Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), melaporkan erupsi dengan tinggi letusan mencapai 700 meter terjadi di Gunung Ile Lewotolok.

"Letusan disertai dengan gemuruh lemah dan sedang," terang Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Arakian kepada pewarta, Senin (6/6/2022).

Menurutnya, letusan setinggi 700 meter itu mengeluarkan material berupa pasir dan menimbulkan asap putih serta kelabu di puncak gunung itu.

Masih dari keterangannya, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis sampai sedang dan tinggi 100-700 meter di atas puncak kawah.

Sedangkan untuk kegempaan, hanya satu kali letusan dengan amplitudo 17,3 milimeter serta berdurasi 83 detik.

"Saat ini statusnya masih siaga, atau level III," ujar dia.

Dirinya menambahkan, dalam tingkat aktivitas level III (siaga), masyarakat di sekitar Gunung tersebut maupun pengunjung, pendaki ataupun wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga km dari puncak atau kawah dari gunung tersebut.

Sementara, untuk radius 3,5 km berlaku untuk sektor Timur dan Tenggara agar selalu waspada.

Beberapa warga desa di Kecamatan Ile Ape seperti di desa Jontona, Desa Lamawolo, dan Desa Lamatokan agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak gunung tersebut.

 

BERITA TERKAIT