test

Kesehatan

Senin, 2 Maret 2020 09:03 WIB

Temuan Baru Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Editor: Ferro Maulana

Minum kopi kental punya banyak manfaat (Foto: Dok Net)

PMJ - Minum kopi sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Mulai dari bisa memperpanjang usia hingga dapat menurunkan risiko terkena depresi, serangan jantung dan kanker tertentu.

Sejak tahun 70-an, para peneliti mempelajari hubungan antara kopi dan kanker. Mereka menyimpulkan bahwa minum kopi dapat membuat orang lebih berisiko terkena kanker kandung kemih dan kanker pankreas.

Akan tetapi kopi juga bisa memberikan manfaat mengejutkan, salah satunya mencegah kanker. Baru-baru ini Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah merilis World Cancer Report 2020.

Seperti dilansir laman Insider, Senin (2/3/2020), penelitian menunjukkan bukti bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker hati dan kanker endometrium.

Penelitian baru ini adalah perkembangan terbaru dalam debat medis selama beberapa dekade tentang kemungkinan manfaat kesehatan dari kopi.

Satu tahun setelah California mempertimbangkan untuk memasang label peringatan kanker pada kopi, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah memberikan ulasan mengejutkan tentang kopi.

Para peneliti mencatat bahwa ada bukti yang menunjukkan kopi mengurangi risiko kanker tertentu.

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker hati dan kanker endometrium," ungkap para penulis penelitian.

Dalam satu riset yang dikutip IARC, para peneliti menganalisis 1 juta orang lebih. Mereka menyimpulkan, orang yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 27 persen lebih rendah terkena karsinoma hepatoseluler atau jenis kanker hati primer yang paling umum.

Namun belum jelas apakah kedua faktor tersebut terkait, tetapi fakta itu patut dicatat.(Hdi)

BERITA TERKAIT