test

News

Senin, 16 Mei 2022 09:27 WIB

Peringati Hari Raya Waisak, Menag: Perkuat Moderasi Beragama

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat Budha di Indonesia untuk terus memperkuat moderasi beragama. Ajakan tersebut diungkap dalam rangka memperingati hari raya Tri Suci Waisak yang bertepatan pada Senin, 16 Mei 2022.

"Mari kita terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama," kata Yaqut dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Kata Yaqut, kelahiran para Budha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan. Hal ini sesuai dengan ajaran dalam kitab suci Dhammapada Syair 194.

Seperti diketahui, Tri Suci Waisak merupakan hari peringatan bagi umat Budha untuk mengingat tiga peristiwa penting.

Ketiga peristiwa tersebut yakni lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

"Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktik kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian," tukasnya.

BERITA TERKAIT