test

News

Kamis, 12 Mei 2022 09:39 WIB

Lemkapi Apresiasi Kinerja Polri Kawal Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Gilimanuk. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Polri yang telah mengamamkan arus mudik dan balik Lebaran dengan baik dan lancar.

"Kita apresiasi kinerja Kapolri. Kita melihat kinerja Polri banyak diapresiasi dari berbagai pihak dalam mengamankan arus balik dan arus mudik Lebaran," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis (12/5/2022).

Menurut Edi, tidak mudah bagi Polri untuk mengamankan masyarakat yang mudik dengan kendaraan dalam jumlah besar. Tahun ini masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi mencapai 2 juta.

Berbagai terobosan pun dilakukan Polri untuk melancarkan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Mulai dari kebijakan contraflow, one way, dan sistem ganji genap.

"Kita harus paham ini adalah pengamanan mudik paling besar mengingat animo masyarakat sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi Covid-19," tuturnya.

Selain itu, usulan Kapolri yang mengajukan penerapan WFH usai libur Lebaran setelah 8 Mei 2022, dan direspons instansi lainnya, turut membuat pelambatan arus balik hingga tdak ada penumpukan kendaraan pemudik.

"Kami melihat kinerja seluruh jajaran Polri bersama unsur terkait sudah bekerja dengan baik dan itu membuat masyarakat nyaman dan bahagia," tukasnya.

BERITA TERKAIT