test

Regional

Selasa, 10 Mei 2022 11:41 WIB

Tim Satgas Pangan Polda Jatim Siap Antisipasi Penyebaran Virus PMK

Editor: Ferro Maulana

Ketua Satgas Pangan Jatim Kombes Pol Farman. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Tim Satgas Pangan Polda Jawa Timur melakukan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi.

Hingga berita ini diturunkan PMK sudah ditemukan di empat kabupaten di Jatim. Penyakit menular tersebut telah menyerang sekitar 1.247 ekor ternak sapi di Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto.

"Kami memastikan ketersediaan obat-obatan dalam rangka melanjutkan pengobatan simtomatis pada hewan ternak yang terkena wabah PMK,”terang Ketua Satgas Pangan Jatim Kombes Pol Farman kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

“Kami juga melakukan pembatasan lalu lintas pada hewan ternak dari dan menuju daerah wabah serta melakukan vaksinasi pada hewan ternak yang sehat," ujarnya menambahkan.

Farman melanjutkan, sejak Jumat (6/5/2022), Tim Satgas Pangan Polda Jatim secara proaktif sudah mengambil berbagai langkah.

Seperti, berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Jatim, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), Bea dan Cukai, Balai Karantina dan Pusat Veteranian Farma (Pusvetma).

"Kami juga mengeluarkan telegram kepada jajaran Polres untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak," tandasnya.

 

BERITA TERKAIT