test

News

Jumat, 29 April 2022 15:25 WIB

Merak Macet, Menhub Minta Truk Logistik Merapat ke Pelabuhan Indah Kiat

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan ada dua cara untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten.

Langkah pertama, Budi meminta truk-truk logistik untuk bergeser ke pelabuhan terdekat, yakni Pelabuhan Indah Kiat. Sejak terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak pada 28 April 2022, sehingga Pelabuhan Indah Kiat dioperasikan khusus untuk truk.

"Untuk ke Merak, memang satu hal yang menjadi pengamatan kita. Kedua, saya menangkap informasi bahwa masih waktunya panjang, dan ada beberapa dispute," ungkap Menhub Budi kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

"Ini sudah kita mulai terminal yang bisa menampung kapal besar. Kita cenderung menganjurkan ke Polri, truk-truk sembako terutama arahkan ke titik-titik (Pelabuhan) Indah Kiat. Sekali jalan bisa 200 mobil, kalau satu hari 4-5 kali sangat dianjurkan," terangnya.

Kedua, Budi juga mengimbau masyarakat yang melewati pelabuhan Merak untuk datang sesuai waktu yang dianjurkan. Dia mengaku menerima laporan, ada penumpang yang berebut tempat di kapal yang akan menyeberang.

"Saya anjurkan masyarakat berangkat sesuai yang dianjurkan. Kemarin terjadi satu overloaded sehingga timbul perebutan dulu duluan. Bahkan ada case orang yang mestinya belum berangkat berebut masuk, sehingga orang yang harusnya jam itu tidak kebagian tempat duduk," tukasnya.

Selain itu, Menhub Budi meminta operator pelabuhan untuk menerapkan skema khusus guna mengatasi kepadatan itu. Misalnya dengan melakukan sistem first in first out.

BERITA TERKAIT