test

News

Rabu, 27 April 2022 13:01 WIB

DLH DKI Siap Terjunkan 2.500 Petugas Kebersihan di Malam Takbiran

Editor: Ferro Maulana

Petugas kebersihan. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta siap menerjunkan 2.500 petugas kebersihan saat malam takbiran hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Adapun ribuan petugas tersebut bakal disiagakan untuk memastikan wilayah Ibu Kota tetap bersih selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, di samping ribuan personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 88 unit kendaraan penyapu jalan otomatis atau road sweeper.

"Kami siagakan 50 petugas di setiap kecamatan. Lebih dari 2.500 personel di seluruh Jakarta yang bertugas saat malam takbiran hingga hari H Idul Fitri,”ujarnya dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

“Termasuk TPST Bantargebang yang tetap melakukan pelayanan,” tuturnya menambahkan.

Sementara itu, pihaknya juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan mudik tahun ini.

Personel kebersihan DLH DKI juga disiagakan untuk penanganan sampah saat arus mudik di lokasi stasiun dan terminal sebagai bagian dari Surat Edaran Menteri LHK Nomor Se.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran.

"Di lokasi penanganan sampah seperti stasiun dan terminal, kita akan melakukan himbauan Mudik Minim Sampah. Yakni, membawa KBRL, wadah makan dan wadah minum sendiri dari rumah saat melakukan perjalanan mudik agar masyarakat tidak menghasilkan sampah,” ujarnya.

Masih dari keterangan Asep, sejak H-4 Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan dan pengemudi truk sampah juga telah diinstruksikan untuk melakukan pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta.

Strategi ini dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 Lebaran.

Selain itu agar kondisi lingkungan sekitar TPS tetap nyaman, tidak berbau menyengat, serta menghindari berkembangnya lalat dan vektor penyakit lainnya.

 

BERITA TERKAIT