test

News

Jumat, 22 April 2022 11:23 WIB

Polisi Sebut Balap Liar Semakin Berkurang saat Ramadan, Ini Faktornya

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Keterangan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News/ Yeni)

PMJ NEWS -  Polda Metro Jaya menyebut ajang balap liar khususnya yang kerap terjadi di bulan Ramadan selepas sahur semakin berkurang bahkan tak lagi terlihat di tahun ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hal ini merupakan dampak positif dari kegiatan street race atau balap jalanan yang diselenggarakan Polda Metro Jaya sejak awal tahun kemarin.

"Secara fakta di lapangan cukup signifikan. Biasanya di bulan puasa abis sahur atau jelang tengah malam ada balapan, nah dibandingkan tahun lalu, sekarang (balapan liar) sangat jauh berkurang," kata Sambodo kepada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Lanjut Sambodo, ajang street race kini menjadi wadah bagi masyarakat khususnya remaja yang memiliki hobi dan passion dalam dunia balap. Sehingga banyak dampak positif yang ditimbulkan dari ajang street race.

"Kan sebetulnya anak-anak ini punya hobi dan passion untuk balap tapi tidak punya ruang, sehingga melakukan balap liar yang menutup jalan. Dengan street race, kita berikan space atau ruang bagi mereka," jelasnya.

Dikatakan Sambodo, saat ini pihaknya kembali menggelar ajang street race untuk kali kedua di BSD, Tangerang Selatan. Berbeda dengan yang pertama diselenggarakan di Ancol pada Januari 2022 lalu, street race di BSD digelar selama tiga hari, mulai tanggal 22-24 April 2022.

Dalam street race di BSD, bukan hanya motor yang bisa mengikuti ajang tersebut. Kendaraan roda empat juga masuk dalam kategori yang bisa mengikuti balapan.

"Kelasnya untuk motor itu 9 kelas, ada 2t, 4t, motor bebek sampai sport, juga ada kelas sunmori. Sedangkan mobil itu dibagi menjadi 4 kelas," tukas Sambodo.



BERITA TERKAIT