test

News

Kamis, 21 April 2022 14:45 WIB

Menteri PPPA: Jaga Semangat Kartini di Hatimu, Jadilah Perempuan Tangguh

Editor: Hadi Ismanto

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga. (Foto: PMJ News/Polri TV)

PMJ NEWS - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia.

Momentum Hari Kartini merupakan penghormatan kepada Kartini yang telah berjuang untuk mendapatkan kesetaraan hak perempuan dan laki-laki di masa lalu.

Bintang Puspayoga mengatakan, perjuangan Kartini sudah membawa banyak perubahan, meski saat ini cita-cita besar dalam membumikan kesetaraan belum sepenuhnya tercapai.

"Jaga semangat Kartini di hatimu. Jadilah perempuan tangguh yang menginspirasi dan memotivasi perempuan lainnya," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Kartini adalah pahlawan yang memperjuangkan emansipasi perempuan. Perempuan harus mendapatkan pendidikan, wawasan, dan memperoleh kesempatan untuk berkarier di ranah publik.

"Kita semua percaya bahwa perempuan memiliki potensi yang luar biasa, tidak bisa dipandang sebelah mata, dan tidak bisa ditempatkan hanya sebagai warga kelas dua melainkan sejajar sebagai mitra dalam konteks apapun," tuturnya.

Menurut Bintang, semua orang harus berjuang untuk menghapuskan kesenjangan dan bias gender. Sebab, pengarusutamaan gender di setiap sektor pembangunan menjadi tugas dan tujuan bersama.

"Penyebutan perempuan sebagai Ibu Bangsa tentu bukanlah kiasan semata, peran perempuan mulai dari keluarga, sektor ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pembangunan nasional sudah tidak bisa dipandang sebelah mata," tukasnya.

BERITA TERKAIT