test

News

Jumat, 11 Maret 2022 15:20 WIB

Harga Minyak Dunia Naik, Jokowi: Sejauh Ini Kita Masih Menahan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah sejauh ini masih tidak menaikkan harga BBM. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah sejauh ini masih menahan untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri ditengah gejolak harga minyak dunia. Dia menyebut sejumlah negara sudah menaikkan harga.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (11/3/2022).

"Kita di sini masih nahan-nahan. Bu Menteri (Sri Mulyani) coba saya tanya bu, tahannya sampai berapa hari ini?" ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, langkah menahan harga BBM ini jadi salah satu pertimbangan merespons dampak perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung. Diketahui, invasi Rusia ini berimbas pada kenaikan harga minyak dunia yang sempat tembus hingga USD130 per barel.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga memaparkan data kenaikan harga minyak mentah dunia dalam dua tahun terakhir. Pada 1 Januari 2020, harga minyak mentah Brent yaitu USD66 per barel dan WTI USD61 per barel.

Lalu per 10 Maret 2022, minyak Brent melonjak jadi USD 115,3 per barel dan WTI jadi USD111,5 per barel. "Itu pun belum seminggu yang lalu sudah di angka USD130 (per barel), dua kali lipat," ucapnya.

BERITA TERKAIT