test

News

Selasa, 8 Maret 2022 15:50 WIB

Wapres Minta Distribusi Bahan Pangan Aman Jelang Ramadhan dan Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin meminta agar distrbusi bahan pangan tetap terjaga dan tidak terjadi kelangkaan saat menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta agar distrbusi bahan pangan tetap terjaga dan tidak terjadi kelangkaan saat menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran.

Pernyataan tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat melakukan kunjungan langsung ke Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Dalam kunjungan ini Wapres diterima oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Utamanya tentang bahan pokok, khususnya dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya. Ini menjadi penting saya menekankan supaya tidak terjadi kekurangan seperti kemarin terjadi misalnya tidak tersedianya minyak goreng, kedelai," ungkap Ma'ruf Amin.

Wapres mendapatkan laporan terkait kondisi riil ketahanan pangan dan pasokan komoditas pertanian. Secara real time, Menteri Pertanian pun menunjukkan data pangan, serta infrastruktur pertanian melalui Agriculture War Room (AWR).

Dia bahkan memonitor langsung laporan para petani dan peternak di beberapa daerah secara virtual. Kepada mereka, Wapres menekankan pentingnya kerja sama semua pihak untuk menguatkan ketahanan pangan Indonesia.

"Laporan yang saya terima dari menteri pertanian dan berbagai data yang disajikan bahwa semuanya aman sampai dengan Hari Raya Idul Fitri," jelasnya.

Selain kesiapan pasokan bahan pangan, Wapres juga menekankan pentingnya pengendalian harga pangan agar tidak melonjak tinggi. Meskipun kenaikan harga jelang Ramadhan biasa terjadi, tetapi ia berharap kenaikan masih dalam batas wajar.

"Karena itu harus disiapkan langkah antisipasi jangan sampai ada kenaikan yang lebih," tegasnya.

BERITA TERKAIT