test

News

Kamis, 24 Februari 2022 09:43 WIB

Wacana Vaksin Booster Dosis Keempat, Ini Kata Kemenkes

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Vaksin Booster dimulai hari ini. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menerangkan pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk memberikan suntikan vaksin booster dosis keempat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut bisa dilakukan jika studi ilmiah menunjukkan perlunya vaksinasi booster lanjutan. Namun, kemungkinan vaksin dosis keempat tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Sebab, menurut Dante pemerintah saat ini tengah mengejar cakupan vaksinasi dosis pertama dan kedua yang harus rampung pada Juni 2022.

"Kita masih melakukan equal policy, itu yang kita kejar dulu supaya kita bisa proteksi untuk masyarakat yang mendapatkan vaksinasi primer," ujar Dante dalam diskusi virtual, Kamis (24/2/2022).

Dikatakan Dante, masyarakat perlu memahami vaksinasi booster bertujuan untuk memberikan tambahan efek proteksi yang sebelumnya sudah menurun dari vaksinasi dosis lengkap.

"Kemudian baru kita bisa evaluasi dengan melakukan uji klinik epidemologi apakah kita memerlukan booster keempat, bukan tidak mungkin booster keempat itu diperlukan, tapi bukan sekarang waktunya," tukasnya.

BERITA TERKAIT