test

Kesehatan

Selasa, 24 Desember 2019 18:05 WIB

Libur Natal dan Tahun Baru, Kemenkes Siapkan Puluhan Ribu Dokter

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto. (Foto: PMJ/SeRiau.com).

PMJ- Libur di Hari Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman dan juga liburan bersama keluarga. Kementerian Kesehatan RI mengerahkan puluhan ribu dokter pada masa libur Natal 2019 dan pergantian tahun ini.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menjelaskan, para dokter akan bertugas untuk melayani berbagai gangguan kesehatan masyarakat saat merayakan libur Natal 2019 dan pergantian tahun. Yang lebih penting lagi, meminimalisasi korban jiwa saat masa liburan ini.

“Kita antisipasi dengan pergerakan manusia yang cepat sekali, ya otomatis, pertama kita hindari kecelakaan. Kalau pun terjadi kecelakaan, kita hindari adanya kejadian yang membuat cedera lebih berat. Bahkan kematian kita bisa hindari kalau penanganannya baik dan cepat,” jelas Terawan, Senin, 23 Desember 2019.

Ia mengatakan, masa siaga pelayanan kesehatan pada Natal dan pergantian tahun sebagai latihan pelayanan serupa pada arus mudik Lebaran 2020 mendatang. Apabila pola pelayanan kesehatan yang kini diterapkan sukses, maka akan diberlakukan pola yang sama pada lebaran nanti.

“Jadi ini kayak gladi, kita harus kerjakan dengan sebaik-baiknya. Karena pergerakan Lebaran nanti, pasti akan sangat jauh lebih besar. Makanya kita namakan siaga,” tandas Terawan. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT