test

Hukrim

Kamis, 27 Januari 2022 15:35 WIB

Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di PIK 2, Manajer Jadi Tersangka

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menetapkan manajer kantor pinjaman online (pinjol) ilegal berinisial V sebagai tersangka terkait pelanggaran Undang-Undang Perdagangan.

Sebelumnya, kantor pinjol di PIK 2 tersebut digerebek penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada Rabu (26/1/2022) malam. Sebanyak 99 karyawan diamankan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kami sudah periksa lima orang terdiri dari satu manajer dan empat leader. Kemudian kami tetapkan satu tersangka yakni manajer nanti untuk perkembangan lanjut penanganan kasus ini kami sampaikan lagi," tutur Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis, Kamis (27/1/2022).

Auliansyah menerangkan, V bertanggung jawab dan membawahi kegiatan dari perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal tersebut.

Polda Metro Jaya menggerebek kantor pinjol ilegal di PIK 2, Jakarta Utara. (Foto: PMJ News)
Polda Metro Jaya menggerebek kantor pinjol ilegal di PIK 2, Jakarta Utara. (Foto: PMJ News)

Atas perbuatannya itu, manajer V diduga telah melanggar Pasal dalam Undang-Undang Perdagangan. Hal itu disebabkan, perusahaan pinjol yang dikelola ini tidak terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Ancaman hukumannya 12 tahun penjara," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan setidaknya belasan aplikasi pinjol ilegal dikelola oleh 99 karyawan tersebut sejak Desember 2021 lalu.

"Kemudian mereka ini semua mengoperasikan 14 aplikasi pinjol dengan tugasnya yang terbagi dua tim. Pertama mengingatkan sebelum jatuh tempo dan kedua mengingatkan atas keterlambatan," kata Zulpan kepada wartawan di lokasi, Rabu (26/1/2022).

Selain itu, Zulpan juga menegaskan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya akan mendalami sumber dana operasional yang dikelola kantor pinjaman online (pinjol) ilegal tersebut. 

BERITA TERKAIT