test

News

Rabu, 12 Januari 2022 20:33 WIB

Polri: Operasi Damai Cartenz Targetkan Pembinaan Orang Asli Papua

Editor: Hadi Ismanto

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri).

PMJ NEWS - Masa tugas Operasi Satgas Nemangkawi akan berakhir sebelum akhir Januari 2022. Sebagai gantinya, Polri menggantinya Operasi Damai Cartenz dengan target operasi pembinaan kepada orang asli Papua (OAP).

"Sebagai target operasi (orang asli Papua), maksudnya target pembinaan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Lebih lanjut Ramadhan menjelaskan, anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Damai Cartenz nantinya akan membina masyarakat Papua di berbagai sektor dan bidang kegiatan. Di antaranya sektor pertanian hingga peningkatan kesejahteraan.

"Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu bimas noken atau pendekatan kepada masyarakat," terangnya.

Menurut Ramadhan, Operasi Damai Cartenz akan berlangsung selama enam bulan mulai 25 Januari 2022. Pemberlakuan ini sekaligus untuk menggantikan masa tugas Operasi Nemangkawi yang berakhir.

Namun, Polri belum memberikan secara detail jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut. Ramadhan hanya memastikan cara bertindaknya persuasif dan preventif dengan mengedepankan fungsi intelijen, bimas, serta humas.

"Didukung fungsi lain, yakni preventif, Sabhara, dan penegakan hukum (gakkum). Jadi, gakkum itu sebagai fungsi pendukung," tukasnya.

BERITA TERKAIT