test

News

Rabu, 22 Desember 2021 15:05 WIB

Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Mulai 1 Januari 2022

Editor: Hadi Ismanto

Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta. Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Terkait hal ini, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan operasional Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Penutupan dilakukan di kawasan pangkalan militer TNI AU hingga landasan komersil.

"Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari 2022," tutur Marsekal TNI Fadjar kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Fadjar membenarkan bahwa penutupan Bandara Halim Perdanakusuma dalam rangka revitalisasi dan perbaikan. Menurut dia, perbaikan itu merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Presiden merasakan betul runwaynya sudah kasar," ucapnya.

Menurut Fadjar, perbaikan utama memang menyasar ke landasan pacu yang kondisinya sudah tua. Selain itu, tanah di sekitar wilayah Bandara Halim Perdanakusuma juga mengalami penurunan.

"Saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan, mungkin ada semacam air tanah dan lain sebagainya. Tapi akibatnya runway itu sudah mendekati ambang batas aman," tuturnya.

Fadjar berharap revitalisasi secara total dan menyeluruh terhadap Bandara Halim Perdanakusuma diharapkan dapat menunjang operasional hingga 20 tahun ke depan.

"Yang diperbaikannya leading sektornya adalah dari Kementerian Perhubungan," tukasnya.

BERITA TERKAIT