test

Regional

Selasa, 14 Desember 2021 12:50 WIB

Pasca Dua Jam Gempa di NTT, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

Editor: Ferro Maulana

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati. (Foto: PMJ News/BMKG).

PMJ NEWS - Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) memastikan peringatan dini tsunami berkenaan gempa bumi magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berakhir.

Keputusan tersebut dibuat setelah berlalu dua jam pasca gempa pertama terjadi.

"Sudah lebih dari dua jam kejadian dan tidak terdeteksi kenaikan muka air laut lagi. Maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir," terang Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada awak media, dalam siaran persnya, Selasa (14/12/2021) siang.

Dwikorita melanjutkan, BMKG telah berdiskusi dengan pejabat di NTT. Saat ini masyarakat sudah diperbolehkan kembali ke rumah.

"Masyarakat bisa kembali ke tempat masing-masing," ucapnya menegaskan.

Meski begitu, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk lebih dulu memeriksa rumah sebelum kembali masuk. Alasannya, dampak gempa bisa berpotensi merusak rumah warga.

Ia menjelaskan, terdapat 15 kali gempa susulan yang terpantau setelah terjadinya gempa utama M 7,4. Menurutnya, kekuatan gempa susulan terus melemah.

"Kami terus monitor aktivitas gempa susulan yang cenderung melemah kekuatannya dan paling kuat magnitudo 5,6," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa M 7,4 terjadi pada hari ini pukul 10.20 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,59 Lintang Selatan dan 122,26 Bujur Timur.

BERITA TERKAIT