test

Fokus

Minggu, 12 Desember 2021 13:00 WIB

Bahaya Narkoba LSD yang Dikonsumsi Jeff Smith, Merasa Sekarat dan Jadi Gila

Editor: Hadi Ismanto

Berbeda dengan narkoba pada umumnya, siapa pun yang menggunakan LSD dan berapa pun dosisnya bisa merasa sekarat atau menjadi gila. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Artis Jeff Smith kembali ditangkap terkait dugaan penyalahgunaan narkotika. Berdasarkan hasil pemeriksaan, jenis narkoba yang digunakan pesinetron ini adalah Lysergic acid diethylamide (LSD).

LSD sendiri merupakan narkoba sintetis yang terbuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Kandungan asam lysergic dari jamur ergot inilah yang kemudian diolah menjadi LSD.

"(Jeff Smith) ditangkap di rumahnya, kawasan Depok," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan beberapa waktu lalu.

"Yang bersangkutan menggunakan narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD). Dia membeli LSD itu seharga Rp500 ribu satu lembar," sambungnya.

Zulpan menambahkan, polisi masih melakukan pendalaman terkait kasus penyalahgunaan narkotika oleh Jeff Smith. Termasuk dengan menelusuri jaringan pemasok LSD kepadanya.

Jeff Smith Pesan 50 Lembar LSD, Sehari Konsumsi 4 Lembar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E. Zulpan merilis kasus narkoba aktor Jeff Smith. (Foto: PMJ News/Yeni)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E. Zulpan merilis kasus narkoba aktor Jeff Smith. (Foto: PMJ News/Yeni)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan artis Jeff Smith menggunakan LSD sebanyak 4 lembar dalam satu hari. Pria berusia 23 tahun itu membeli 50 lembar melalui online.

"Dia memesan 50 lembar, pengakuan sementara dari dia itu satu hari bisa empat lembar," kata Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/12/2021).

Menurut Zulpan, saat diamankan Jeff Smith tengah dalam kondisi terpengaruh narkoba. Polisi menemukan dua lembar sisa narkoba LSD, sedangkan 48 lembar lainnya sudah habis dikonsumsinya.

"Tersisa dua, itu juga (Jeff Smith) dalam keadaan mengonsumsi. Jadi positif narkoba dan ada barang bukti diamankan ya," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Zulpan, kekasih Aisyah Aqilah ini mengonsumsi narkoba jenis LSD agar lebih fokus dalam menjalani pekerjaannya sebagai artis sinetron.

"Ini kalau alasan penggunaannya, karena sebagai artis sinetron agar dia tidak capek. Kemudian, agar fokus dalam pekerjaannya, ya seperti itu alasannya dia (Jeff Smith) ya," tukasnya.

Ditetapkan Jadi Tersangka, Jeff Smith Akan Jalani Rehabilitasi

Aktor Jeff Smith berbaju tahanan. (Foto ; PMJ/Yen).
Aktor Jeff Smith berbaju tahanan. (Foto ; PMJ/Yen).

Penyidik Polda Metro Jaya resmi menetapkan artis sinetron Jeff Smith sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide atau LSD.

"Sudah (menjadi) tersangka," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Sabtu (11/12/2021).

Usai ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penyalahgunaan narkoba jenis LSD tersebut, kekasih Aisyah Aqilah ini akan menjalani rehabilitasi narkoba.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa mengatakan keputusan itu merujuk pada Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Kami kenakan Pasal 127 UU Narkoba. Dan kita (akan) rehabilitasi," ungkap Mukti Juharsa dalam keterangannya.

BNN Sebut Pengguna Narkoba LSD di Indonesia Tidak Banyak

Narkoba jenasi Lysergic acid diethylamide atau LSD. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).
Narkoba jenasi Lysergic acid diethylamide atau LSD. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Brigjen Pudjo Sulistyo menyebut penguna narkoba jenis LSD tidak banyak seperti narkoba jenis sabu atau ganja.

"Pengguna LSD itu sangat sedikit tidak seperti sabu dan ganja, apakah karena orang senang kepada jenis narkoba lain atau karena ketiadaan di pasar kita enggak tau," jelas Brigjen Pudjo saat dikonfirmasi.

Brigjen Pudjo mengatakan, peredaran narkoba jenis LSD ini dulu sempat ramai di Indonesia. Namun seiring berjalan waktu, sekarang penggunanya sudah sangat jarang.

"Itu tandanya orang yang konsultasi atau kecanduan karena LSD ini sangat kecil," ujar

Bahaya Konsumsi Narkoba LSD

Intografis efek jangka pendek dari penggunaan LSD. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).
Intografis efek jangka pendek dari penggunaan LSD. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

Narkotika jenis Lysergic Acid Diethylamide atau LSD adalah narkoba yang terbuat dari sari jamur di tanaman gandum hitam. Biasanya beredar dalam bentuk kertas atau kerap disebut acid trip, prangko, atau kertas dewa.

Dikarenakan obat ini merupakan jenis halusinasi/visual maka narkoba jenis ini adalah jenis yang paling ampuh untuk mengubah suasana hati seseorang.

Berbeda dengan narkoba pada umumnya, LSD tidak menyebabkan penggunanya ketagihan. Namun, bahaya LSD mengintai siapa pun yang menggunakannya dan berapa pun dosisnya.

Berikut sejumlah efek jangka pendek dari penggunaan LSD, antara lain:

- halusinasi Inten dan menyebabkan pupil membesar dan kenaikan pada tekanan darah, detak jantung serta suhu tubuh.
- Pusing dan sulit tidur.
- Nafsu makan kurang mulut kering dan berkeringat.
- Mati rasa kelemahan dan tremor.
- Namun efek utama yang mempengaruhi pikiran dengan distorsi visual dan halusinasi sensorik dan ilusi.
- Mereka yang menggunakan LSD bisa mengalami serangan panik, psychotic, kecemasan, gelisah, paranola, rasa sakit, dan perasaan sekarat atau menjadi gila.

Jadi hindari penggunaan narkoba jenis apapun, termasuk LSD. Sesuai motto 'Say No to Drug, Hidup Sehat Tanpa Narkoba".

BERITA TERKAIT