test

News

Selasa, 7 Desember 2021 10:21 WIB

Siap Hadapi Libur Nataru, Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (foto: IG @kemenkomaritim)

PMJ NEWS - Pemerintah resmi membatalkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan PPKM level 3 selama periode Nataru di seluruh wilayah," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Luhut mengungkap, upaya testing, tracing dan treatment (3T) dalam beberapa waktu terakhir semakin masif, sehingga Indonesia dianggap siap untuk menghadapi momen libur Nataru.

"Testing dan tracing berada di angka yang tinggi meskipun kasusnya rendah. Capaian ini jelas lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu," jelasnya.

Namun, meski aturan PPKM level 3 dibatalkan, Luhut menyebut perlu adanya kebijakan dari pemerintah yang lebih seimbang. Salah satunya dengan tidak menyamaratakan aturan di seluruh  wilayah saat libur Nataru berlangsung.

"Sebab, penerapan PPKM saat libur Nataru ini nantinya akan tetap terjadi sesuai dengan asesmen terkait situasi pandemi saat ini dan didukung dengan beberapa upaya pengetatan," pungkas Luhut.

BERITA TERKAIT