test

Olahraga

Minggu, 21 November 2021 15:54 WIB

Toprak Razgatlioglu Kunci Gelar Juara Dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Editor: Hadi Ismanto

Pebalap Toprak Razgatlioglu akhirnya mengunci gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2021. (Foto: PMJ News/Instagram @toprak_tr54).

PMJ NEWS - Pebalap Toprak Razgatlioglu akhirnya mengunci gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2021. Kepastian tersebut diraih di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021).

Dalam Race 1 WSBK Mandalika yang sempat diundur dan baru digelar Minggu pagi, Toprak hanya menempati posisi kedua di belakang rival utamanya Jonathan Rea. Hasil ini menjadikan keunggulan 25 poin Toprak tak mungkin terkejar.

Dengan capaian fantastisnya, Toprak menjadi pebalap pertama yang silam dan dia menjadi satu-satunya pebalap asal Turki yang meraih prestasi tersebut. Ini juga jadi gelar perdana Yamaha sejak Ben Spies pada 2009.

Jalannya Balapan

Start balapan perdana WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika, Rea memulai dengan bagus dan mencuri posisi pimpinan lomba dari polesitter Toprak Razgatlioglu menuju tikungan pertama.

Toprak sempat kehilangan dua posisi namun mampu melewati Scott Reading untuk mengejar rival utamanya dari tim Kawasaki itu. Dia mendapat celah untuk menyalip Rea dan kembali memimpin lomba di tikungan pertama di lap kedua.

Kedua pebalap penantang gelar itu beberapa kali bertukar posisi memimpin lomba di paruh pertama lomba yang sangat ketat, dibuntuti dua pebalap ducati Scott Redding dan Axel Bassani di grup terdepan.

Redding berupaya mengganggu ritme ketika merangsek ke posisi kedua setelah menyalip Rea di lap ke-11. Tak lama setelah itu, Toprak membuat kesalahan setelah melebar di tikungan yang membuka jalan bagi Redding untuk memimpin lomba.

Posisi sang pebalap Turki kini terancam oleh Bassani yang menempel di perebutan posisi ketiga. Dengan lima lap tersisa, Rea tampil menyerang dan mendapat celah untuk menyalip Redding demi memipin lomba.

Redding mulai kehilangan grip dan juga posisinya ketika Toprak menyalipnya di tiga lap terakhir. Rea tampil habis-habisan berupaya mempertahankan gelar juara dunia dengan kemenangan di atas motor Kawasakinya.

Namum, Toprak finis runner-up yang berarti meskipun kemenangan balapan terakhir menjadi milik Rea dan rivalnya gagal finis maka, Rea masih akan kalah hitung-hitungan capaian musim ini.

BERITA TERKAIT