test

News

Selasa, 12 Oktober 2021 13:20 WIB

Akpol Gelar Porsimaptar XXI Secara Hybrid dan Bertaraf Internasional

Editor: Fitriawan Ginting

Ketua Panitia Popsimaptar XXI, Brigtutar M Arshan Rachman. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Pekan Olahraga Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar) yang diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian (Akpol) tahun ini dihelat secara hybrid, online dan juga offline, pada tanggal 18-22 Oktober 2021 mendatang.

Porsimaptar XXI digelar virtual, secara online dan juga offline, lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun menariknya, Porsimaptar tahun ini jadi bertaraf internasional karena akan diikuti peserta dari luar negeri, yakni Malaysia, Filipina, dan Inggris, seperti Lomba Karya Ilmiah dan juga English Competition. Acara jumpa pers dipandu langsung oleh moderator Brigtutar M Haidar Yaafi dan juga materi disampaikan oleh Ketua Panitia Popsimaptar XXI, Brigtutar M Arshan Rachman dalam jumpa pers virtual Senin (11/10/2021).

"Ada beberapa cabang yang diperlombakan di tahun ini, di antaranya Olahraga, Virtual Run, E-Sport, Seni, English Competition, Essay Competition, Poster Contest, Short Movie Contest serta Web Seminar," kata Brigtutar M Arshan Rachman.

Selain itu, Brigtutar M Arshan pun menyebutkan, Porsimaptar XXI ini akan ada webinar, virtual exhibition, dan opening serta closing kegiatan.

Peserta Internasional bisa diikutsertakan. (Foto: PMJ/Ist).
Peserta Internasional bisa diikutsertakan. (Foto: PMJ/Ist).

"Kompetisi E-Sport dibagi menjadi tiga cabang. Ini karena Taruna Akpol ingin mengakomodir pemuda di Indonesia yang punya kemampuan di olahraga elektronik atau E-sport. Jadi kami juga mengadakan E-sport competition," jelas Arshan.

Sementara untuk kegiatan webinar akan dimoderatori oleh Senandung Nacita dengan menggandeng narasumber Irjen Pol Slamet Uliandi yang saat ini menjabat sebagai Kadiv TIK Polri.

"Irjen Pol Slamet Uliandi dijadikan narasumber karena beliau merupakan salah satu tokoh dimana di masa pandemi cocok penggunaan teknologi secara masif. Irjen Pol Slamet bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada pemuda agar di masa pandemi bisa memanfaatkan teknologi secara baik," ungkap Arshan.

Selain itu, acara penutupan (Closing) Porsimaptar dilaksanakan pada 22 Oktober 2021, yang akan digelar di gedung Cendikia Akpol. Pada momen Closing Porsimaptar XXI, nantinya akan ditampilkan pemenang dari seluruh perlombaan dalam bentuk treatikal.

"Jadi dengan treatikal ini, bisa menonjolkan kreativitas kami di Akpol. Kalau ada yang bilang anak-anak taruna itu kaku dan tidak kreatif, itu anggapan tidak benar. taruna Akpol juga bisa kreatif, dan banyak inovasinya," sebutnya.

Acara pembukaan Porsimaptar XXI ini nantinya akan dilakukan melalui virtual maupun secara langsung dari Kampus Akpol, dan akan disiarkan langsung atau live streaming melalui YouTube Akpol.

BERITA TERKAIT