test

Kesehatan

Rabu, 29 September 2021 10:05 WIB

5 Manfaat Membersihkan Lidah Secara Rutin untuk Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Bersihkan area lidah juga tidak cukup dengan hanya sikat gigi, Anda perlu menggunakan tongue scraper. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Lidah menjadi salah satu bagian mulut yang perlu dijaga kebersihannya. Namun, membersihkan area lidah juga tidak cukup dengan hanya sikat gigi, Anda perlu menggunakan tongue scraper atau pembersih lidah.

Di Indonesia, penggunaan alat ini tidak sepopuler sikat gigi. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat ketika membersihkan lidah dengan alat berbentuk U tersebut. Pemakaian alat ini juga sederhana, cukup mendorongnya dari belakang sampai ke ujung lidah.

Seperti dilansir dari laman Express UK, Selasa (29/9/2021), berikut manfaat membersihkan lidah secara rutin bagi kesehatan.

1. Menjaga Kebersihan Mulut
Mulut dipenuhi dengan jutaan bakteri dan tidak semuanya adalah bakteri baik. Tongue scraper membantu menghilangkan bakteri serta sisa makanan dan menjaga kebersihan mulut.

2. Bikin Napas Lebih Segar
Sekitar 50 persen kasus halitosis (bau mulut) disebabkan oleh sisa-sisa bakteri di lidah. Mengikis bakteri lidah, sisa makanan, dan partikel jahat lainnya dapat membantu mengatasi masalah pernapasan yang berkelanjutan.

Perokok, orang yang mengalami mulut kering atau infeksi jamur, memiliki kebersihan mulut yang buruk, dan menggunakan obat-obatan tertentu yang menyebabkan bau mulut penting untuk memakai tongue scraper.

3. Peningkatan Indra Perasa
Membersihkan lidah dapat membantu kelenjar ludah aktif. Ini adalah kabar baik bagi semua orang.

"Kelenjar ludah yang diaktifkan meningkatkan pencernaan dan kemampuan kita untuk merasakan, membuat Anda lebih puas setelah setiap kali makan. Ini juga berarti Anda cenderung tidak makan berlebihan untuk mencari rasa," kata ahli dari Brushd.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus
Membersihkan lidah juga berkontribusi pada kesehatan usus. Lidah penting untuk pencernaan yang sehat. Menghilangkan bakteri di lidah memungkinkan usus berfungsi lebih baik.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Menurut ahli, membersihkan lidah dapat membantu mencegah halitosis, infeksi, dan membantu meredakan sakit tenggorokan, infeksi sinus, dan hidung tersumbat, serta menghilangkan lendir.

Itu artinya membersihkan lidah, bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

BERITA TERKAIT