test

News

Sabtu, 11 September 2021 10:10 WIB

Polisi Sebut Crowd Free Night Efektif Cegah Kerumunan Selama PPKM

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Dirlantaas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo beri penjelasan. (Foto: TMC PMJ).

PMJ NEWS -  Polda Metro Jaya kembali menerapkan kebijakan crowd free night di sejumlah kawasan di ibu kota untuk mengurangi kerumunan selama PPKM level 3. 

Sebelumnya, crowd free night telah diterapkan pada pekan lalu di satu kawasan, yakni Sudirman-Thamrin.

"Minggu lalu itu kita terapkan di satu kawasan, Sudirman-Thamrin. Kita tutup mulai pukul 24.00 WIB. Tapi mulai hari ini kawasannya kita tambah menjadi 4 kawasan," terang Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (10/9/2021) malam.

Sambodo menyebut, pelaksanaan crowd free night pada pekan lalu di Sudirman-Thamrin sangat efektif dalam mengurangi kerumunan.

"Evaluasi terhadap pelaksanaan crowd free night pada minggu lalu itu sangat efektif. Setelah jalan kita tutup tetap ada yang patroli untuk membubarkan anak-anak muda yang masih nongkrong di kawasan tersebut," sambungnya. 

"Mulai malam ini pun sama, di empat kawasan itu kita tutup dan ada yang patroli untuk membubarkan kerumunan," terang Sambodo menambahkan. 

Ke depan, ia berharap aturan ini semakin efektif dalam mengurangi kerumunan masyarakat di malam hari khususnya selama PPKM level 3 di Jakarta. 

Selain itu, ia juga tidak menutup kemungkinan adanya penambahan titik crowd free night berdasarkan hasil evaluasi pekan depan.

"Nanti kalau misalnya efektif, tentu bisa kita tambah (kawasan crowd free night). Atau kalau memang PPKM di Jakarta sudah berkurang lagi tentu akan kita sesuaikan dengan aturan yang berlaku," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya kembali menerapkan aturan crowd free night di wilayah DKI Jakarta khususnya di empat kawasan, yakni Sudirman-Thamrin, Kemang, SCBD, dan Asia Afrika.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut keempat kawasan tersebut berpotensi untuk menimbulkan kerumunan di malam hari.

"Crowd free night akan kita lanjutkan khususnya pada malam weekend, seperti Sabtu malam, Minggu malam, dan malam di hari libur lainnya," kata Sambodo kepada wartawan, Senin (6/9/2021) malam. 

BERITA TERKAIT