test

Kesehatan

Senin, 30 Maret 2020 15:35 WIB

Ganggu Kesehatan, WHO Imbau Jangan Langsung Semprotkan Disinfektan ke Tubuh

Editor: Fitriawan Ginting

Teliti menggunakan cairan disinfektan. (Foto : PMJ/Ilustrasi Fifi).

PMJ- Penyemprotan disinfektan untuk menangkal atau mencegah virus corona marak dilakukan masyarakat luas. Cairan tersebut digunakan untuk menekan laju covid-19 yang mudah menyerang masyakarat. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan bilik penyemprotan yang langsung mengenai tubuh manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia memperingatkan publik untuk tidak menyemprotkan atau memakainya langsung ke tubuh manusia. Sebab beberapa kandungan dalam larutan disinfektan justru menyimpan risiko kesehatan.

"Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut," tulis akun resmi WHO Indonesia di Twitter WHO, Minggu (29/3) kemarin.

Dari data yang ada, bahan kimia dalam cairan disinfektan itu adalah alkohol atau klorin yang umumnya terdapat dalam kandungan bahan cairan disinfektan. Diterangkan WHO, penyemprotan ke tubuh manusia akan berbahaya dan juga tidak bisa mematikan virus yang terlanjut masuk ke dalam tubuh manusia.

Ditambahkan, bahwa alkohol dan klorin hanya bisa digunakan sebagai disinfektan virus dan bakteri pada permukaan benda. Dan ini pun, harus dimanfaatkan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT