test

News

Minggu, 5 September 2021 19:30 WIB

Kemenkes Pastikan Persediaan Obat Covid-19 Tercukupi Hingga Akhir Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah obat Covid yang didistribusikan pemerintah. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan persediaan obat-obatan untuk penanganan pasien Covid-19 masih tercukupi. Karenanya, masyarakat diimbau tidak khawatir.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan persediaan obat-obatan bahkan cukup hingga akhir tahun.

"(Persediaan obat Covid-19), aman kalau sekarang kita punyat stok cukup sampai Desember," ujar Nadia saat dikonfirmasi, Minggu (5/9/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)

Nadia mengatakan, persediaan obat-obatan Covid-19 ini meliputi obat yang tidak berbayar atau paket gratis untuk isolasi mandiri maupun obat saat perawatan di rumah sakit. Persediaan tercukupi karena obat Covid-19 sudah diproduksi sendiri.

"Ada beberapa obat bahkan sudah produksi sendiri seperti fapivirapir dan remdisivir," kata Nadia

Nadia juga memastikan kecukupan persediaan obat-obatan Covid-19 ini sudah dihitung jika ada lonjakan kasus hingga akhir tahun.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 juga mulai mengantisipasi lonjakan kasus saat gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Oktober mendatang maupun libur akhir tahun.

"Tidak, sudah diperhitungkan buffer juga kalau ada potensi lonjakan kasus," ujar Nadia yang juga Juru bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 tersebut.

BERITA TERKAIT