test

Kesehatan

Selasa, 14 April 2020 08:01 WIB

Biar Nggak Keliru, Ini Bedanya Covid-19 dengan Flu dan Alergi

Editor: Ferro Maulana

Orang yang terkena flu. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi).

PMJ – Wabah pandemi virus corona (Covid-19) menimbulkan ketakutan berlebihan di banyak orang. Seperti, saat merasa tenggorokan gatal dan hidung tersumbat, langsung mengaitkan dengan gejala virus corona.

Padahal hal itu belum tentu. Bisa saja gejala itu merupakan tanda alergi, pilek biasa ataupun flu. Biar nggak keliru, bagaimana cara membedakannya dengan Covid-19?

Covid-19

Gejala corona Covid-19 yang lebih umum dan terkadang parah yaitu demam, batuk, dan sesak napas. Dua gejala umum tambahan yakni kelelahan dan kehilangan nafsu makan. Dalam kasus yang lain, orang mungkin mengalami diare, mual, atau muntah. Beberapa orang juga melaporkan hilangnya indra penciuman serta perasa.

Bahkan, sejumlah besar orang bisa tidak mengalami gejala namun terkena Covid-19. Pada umumnya, gejala muncul dalam waktu lima hari setelah terpapar, tetapi bisa memakan waktu hingga 14 hari. Bila kamu merasakan gejala atau baru saja bepergian dan melakukan kontak dengan PDP maupun ODP corona Covid-19, ada baiknya menghubungi klinik kesehatan terdekat. Terlebih jika gejala tersebut semakin buruk.

Alergi

Orang dengan alergi sering mempunyai mata gatal, hidung gatal, dan bersin. Serta gejala alergi yang kurang spesifik di antaranya pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan atau batuk yang umumnya disebabkan oleh tetesan postnasal (lendir yang mengalir dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, red).

Pilek Biasa

Gejala flu biasa biasanya pilek, hidung tersumbat serta sakit tenggorokan, sakit kepala, dan umumnya merasa tidak enak badan. Batuk ringan karena tetesan postnasal dan bersin dapat terjadi, tetapi kemungkinan gatalnya kecil. Gejala yang lebih parah, seperti demam dan sesak napas, bukanlah gejala klasik pilek biasa.

Flu

Ditandai dengan demam, kedinginan, nyeri otot, dan kelelahan. Gejala yang lebih ringan juga dapat terjadi, mirip dengan pilek biasa, seperti bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Tetapi, muntah dan diare jarang terjadi pada orang dewasa, tetapi dapat terjadi pada anak-anak.

Walaupun gejalanya mirip, Covid-19 lebih cenderung menyebabkan sesak nafas dan gejala pernapasan lainnya ketimbang flu. Gejala flu biasanya cenderung lebih cepat muncul yaitu antara 1 sampai 3 hari. (Sumber: Health Havard/ FER).

BERITA TERKAIT