test

News

Sabtu, 14 Agustus 2021 11:04 WIB

Kemenkes Sebut Angka Positivity Rate Nasional Turun Jadi 22,5 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Angka positivity rate Indonesia terus mengalami penurunan, saat ini 22,5 persen. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyampaikan angka positivity rate nasional terus mengalami penurunan, yakni pada awal Juli yang sebesar 30,1 persen dan kini berada di angka 22,5 persen.

Pun demikian dengan angka positivity rate mingguan yang tercatat menurun sebesar 23,6 persen. Indikator positivity rate ini pun tidak dapat terpisah dari indikator testing rate.

Menurut Nadia, angka testing rate nasional saat ini sebesar 3,53 per 1000 penduduk per minggu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

"Positivity rate hanya dapat diinterpretasikan jika target tes yang menunjukan bahwa surveillance adequate mencapai target minimal 1 orang per 1000 penduduk per minggu," ungkap Nadia saat konferensi pers, Jumat (13/8/2021).

Nadia menjelaskan, sejumlah provinsi yang belum mencapai target testing tersebut yaitu Aceh, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Maluku.

Dia pun berharap seluruh daerah dapat meningkatkan dan mempertahankan angka testing terutama untuk kasus suspek dan kontak erat yang ditemukan.

Selain positivity rate, Kemenkes juga mencatat terjadinya penurunan kasus konfirmasi nasional sebanyak 18 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Namun, terdapat sejumlah daerah yang masih mencatatkan terjadinya peningkatan kasus lebih dari 20 persen dibandingkan minggu sebelumnya, yakni NTT, Sulawesi Tengah, Aceh, Gorontalo, dan Bangka Belitung.

BERITA TERKAIT