test

News

Rabu, 4 Agustus 2021 12:50 WIB

Biaya Umrah Naik Tiga Kali Lipat, Bisa Capai Rp60 Juta

Editor: Ferro Maulana

Suasana ibadah haji di Mekkah. (Foto: PMJ News/Etty).

PMJ NEWS - Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Bungsu Sumawijaya menjelaskan syarat biaya penyelenggaraan Umrah 1443 Hijriah dapat menyebabkan biaya yang dikeluarkan jemaah meningkat sampai tiga kali lipat.

Adapun biaya umrah diperkirakan dapat mencapai Rp60 juta dari sebelumnya sekitar Rp20 juta-an. Hal tersebut mengingat dari situasi dan kondisi saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

"Akan ada penurunan jamaah, biaya juga jadi tiga kali lipat. Jadi contohnya harga paket yang awalnya Rp20 juta bisa hampir Rp60 juta, kita masih ada hidden cost di situ. Pergi misal sakit Covid-19 di sana. Jadi biaya tambahan lagi," terang Bungsu dalam program Market Review IDX Channel, Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Sementara itu, untuk kemungkinan jamaah yang berangkat, pihak AMPHURI mencoba kirim sekitar 1-2 grup untuk tahun ini. Karena itu, pihaknya meminta pemerintah Arab Saudi memberi keringanan dalam persyaratan.

Bungsu melanjutkan, dengan 1-2 grup itu yang akan berangkat merupakan pemilik atau petugas travelnya. Hal itu disebabkan untuk melakukan antisipasi bagaimana keadaan dan kondisi untuk jamaah ke depannya.

"Kemungkinan besar seperti kejadian awal pandemi yang berangkat pemilik atau petugas travel. Jadi bisa melakukan antisipasi untuk jemaah ke depannya," pungkasnya.

Pihak AMPHURI juga melakukan pendampingan yang jelas pada pelaksanaan mulai dari proses pendaftaran hingga balik ke Tanah Air.

BERITA TERKAIT