test

News

Kamis, 29 Juli 2021 14:05 WIB

Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polres Kendal Gagas Pasar Sehat

Editor: Ferro Maulana

Pasar Sehat di Kendal Jateng yang digagas Polres Kendal

PMJ NEWS - Dalam perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah mulai melakukan pelonggaran terhadap pusat perekonomian seperti pasar rakyat yang diperbolehkan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk membentuk posko PPKM di pasar-pasar rakyat.

Hal itu bertujuan guna memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan sesuai dengan prokes.

"Seluruh jajaran membentuk Posko PPKM di pasar untuk antisipasi pelonggaran ekonomi kerakyatan," ungkap Sigit dalam siaran pers tertulisnya, Rabu (28/7/2021).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News).

Kapolri menegaskan, posko PPKM di pasar itu nantinya bakal bertugas untuk memastikan pedagang maupun pengunjung sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan penanganan pandemi Covid-19.

Menindaklanjuti instruksi Kapolri, Polres Kendal Polda Jawa Tengah telah menggagas Pasar Sehat di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan dalam upaya merelaksasi warga dalam masa perpanjangan PPKM level 4.

Pasar sehat yang dilakukan di empat pasar tradisional tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya protokol kesehatan (prokes) di lingkungan pasar tradisional.

Di samping itu, juga memberikan relaksasi di masa perpanjangan PPKM level 4 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya di lingkungan pasar rakyat. 

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto menuturkan penerapan pasar sehat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar tradisional.

“Nantinya pasar tradisional ini tidak lagi menjadi lokasi penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan pemberian vaksin kepada pedagang pasar,” ujar Kapolres saat meninjau pelaksanaan posko pasar sehat di Pasar Pagi Kaliwungu, Selasa (27/7/2021).

Masih dari keterangan Kapolres, dalam penerapannya pembeli yang hendak masuk ke dalam pasar dicek suhu dan mencuci tangan menggunakan air mengalir.

Sedangkan, di dalam lingkungan pasar nantinya diberi pembatas antara pedagang dan pembeli.

“Kita meminta kepada pedagang baik yang memiliki kios maupun lapak di Pasar Pagi Kaliwungu untuk memasang sekat plastik guna mengurangi kontak langsung sesama pedagang dan pembeli,” pungkasnya.

Yuniar menambahkan, pelayanan Posko Pasar Sehat dilakukan di 13 titik pasar yang ada di Kendal dan dimulai secara serentak hari Selasa (27/7/2021)  hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

"Posko Pasar Sehat ini kami buka secara serentak di 13 titik pasar di Kendal. Yang dimulai hari Selasa ini hingga masa PPKM Level 4 selesai tanggal 2 Agustus mendatang. Jam buka Posko Pasar Sehat dari jam 09.00 WIB hingga 15.00 WIB," tambahnya. 

BERITA TERKAIT