test

News

Rabu, 28 Juli 2021 15:50 WIB

Ketua Satgas: Posko PPKM Desa Jadi Garda Depan Pengendalian Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Surabaya

PMJ NEWS - Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito menyebut Posko PPKM Mikro di daerah adalah garda terdepan dan ujung tombak pengendalian Covid-19. Pasalnya, implementasi tugas dan fungsi posko itu lebih bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ganip saat meninjau pelaksanaan tugas Posko PPKM Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (28/7/2021).

"Posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan, adalah ujung tombak di dalam kita mengendalikan Covid-19 ini,” ujar Ganip.

Ganip kembali menekankan Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2 atau corona jenis baru itu dibawa dan ditularkan oleh manusia ke manusia. Sampai saat ini tidak ada manusia yang kebal terhadap virus tersebut.

"Jadi penyebaran Covid-19 itu disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 yang pembawanya itu adalah manusia. Tidak ada manusia yang kebal terhadap Covid-19," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ganip juga mengingatkan kembali beberapa tugas dan fungsi posko PPKM Mikro di desa/kelurahan yang harus dijalankan guna menjamin masyarakat terhindar dari paparan virus corona.

"Karena di situ ada fungsi pencegahan. Fungsi itu untuk mengedukasi, memberi sosialisasi, memberitahu, memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Dalam hal ini, Ganip juga menegaskan kembali bahwa selama pandemi Covid-19 penggunaan masker menjadi kewajiban seluruh masyarakat. Kendati mungkin edukasi ke masyarakat tidak mudah, namun dia tetap memberikan semangat optimis kepada seluruh komponen yang bertugas.

"Memang dimongke gampang, Pak. Tapi masker ini menjadi proteksi utama bagi seseorang terhadap paparan Covid-19. Oleh karena itu, Presiden juga mengajak kita semua wajib menggunakan masker. Tolong ini penegakannya dapat dilakukan," tandasnya.

BERITA TERKAIT