test

News

Senin, 26 Juli 2021 17:05 WIB

Menko Airlangga: Baru 21 Persen Pelaku Usaha Manfaatkan Digital Ecommerce

Editor: Ferro Maulana

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS -  Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartanto memberikan apresiasi komitmen Emtek Grup serta Grab dalam memberikan peluang bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mempercepat transformasi digital serta bertujuan meningkatkan daya saing UMKM.

Airlangga berharap semakin banyak UMKM yang dapat memanfaatkan digitalisasi. Alasannya, sekarang baru 21 persen masyarakat yang memberanikan diri membuka toko secara online.

"UMKM mencapai 64,2 juta atau 99 persen struktur usaha Indonesia dengan kontribusi tidak kurang dari 61 persen PDB nasional. Serta mampu menyediakan 97 persen dari lapangan pekerjaan," ujarnya, di Jakarta, Senin (26/7/2021).

"Baru 21 persen pelaku usaha yang telah on boarding digitalisasi atau baru memanfaatkan digital ecommerce untuk memanfaatkan dan memasarkan produk," tuturnya menambahkan.

Airlangga menambahkan, pola konsumsi masyarakat berubah selama pandemi virus Covid-19. Penjualan produk secara online jauh lebih diminati.

"Transformasi digital pada masa pandemi terjadi pola perubahan perilaku masyarakat yang dipengaruhi pembatasan sosial dan ekonomi,” lanjutnya.

“Sehingga mereka lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital dari offline dan online," tuturnya.

Sedangkan, dari sisi pelaku UMKM pandemi juga mendorong masyarakat berwirausaha terutama dengan memanfaatkan teknologi digital.

Karena itu, situasi pandemi sebaiknya dijadikan momentum mempercepat transformasi digital.

 

BERITA TERKAIT