test

Regional

Rabu, 14 Juli 2021 15:05 WIB

Keganjilan Vaksinasi di Karawang, Bupati Panggil Petugas dan Penerima

Editor: Ferro Maulana

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Kegiatan vaksinasi sebuah puskesmas di Karawang yang diduga tidak menyuntikkan cairan vaksin covid-19 yang diposting ulang media sosial Instagram @halokrw pada Selasa (13/7/2021) mendadak viral.

Berdasarkan video, menyebutkan penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan tak biasa seperti vaksinasi pada umumnya.

 "Jarum ditusukkan namun langsung dicabut lagi tanpa ada proses menekan ujung bagian atas suntikan. Seperti penyuntikan pada umumnya," tulis akun @halokrw.

 Berdasarkan perekam video bernama Rima Melati (23), video itu diambil saat vaksinasi di Puskesmas Wadas, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Senin (12/7/2021) siang.

Rima mengaku mengambil video untuk dokumentasi pribadi dan hanya mengirim video tersebut ke dua orang. Sedangkan, perempuan yang disuntik dalam rekaman video yaitu teman kerjanya bernama Tari Nurfadilah.

"Kalau saya, unggah video itu di WhatsApp story pribadi saya. Tidak di Instagram. Kebetulan salah satu teman saya minta videonya, akhirnya saya kasih," ujar Rima kepada wartawan.

Tak lama berselang, HRD tempat Rima bekerja juga meminta video tersebut. Pegawai toko bahan bangunan Mitra 10 ini pun memastikan video itu hanya disebarkan ke dua orang.

"Orang yang ada di dalam video itu ada tiga. Saya, Tari, dan Ipeh. Kami memang teman satu kantor, hanya memang bukan teman dekat. Saya baru tahu kalau Tari juga update video tersebut di Instagram miliknya. Baru tahu tadi karena memang saya tidak follow akun Instagramnya," terang Rima lebih lanjut.

Peristiwa ini pun langsung direspon Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Cellica langsung mendatangi lokasi vaksinasi bersama Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh dan Kasatreskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana.

Jajaran pemerintah Kabupaten Karawang juga meminta keterangan langsung terhadap warga yang merekam dan memviralkan video tersebut.

Bupati Panggil Pihak Puskesmas

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana siap memberi sanksi ke petugas vaksinasi Covid-19 kosong yang viral di media sosial. Bahkan Bupati Cellica telah memanggil pihak puskesmas untuk mengonfirmasi keganjilan dalam proses penyuntikan vaksinasi Covid-19.

"Saya bersama Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana langsung melakukan inspeksi mendadak ke Puskesmas di wilayah Telukjambe Timur itu," tuturnya, di Karawang, Rabu (14/7/2021).

Bupati Cellica menyebutkan, sesuai dengan penjelasan dari vaksinator bahwa ia sudah melakukan tugasnya sesuai standar operasional prosedur (SOP). Dan, yakin vaksin itu masuk ke tubuh penerima vaksin dengan menggunakan jarum suntik baru.

Usai dari Puskesmas Wadas, Telukjambe Timur, selanjutnya Bupati menemui warga penerima vaksin tersebut, guna mendapatkan keterangan dari kedua pihak. Ia juga meminta agar penerima vaksin itu segera melakukan cek laboratorium.

BERITA TERKAIT