test

News

Jumat, 2 Juli 2021 16:35 WIB

Vaksin Moderna Aman Digunakan Orang dengan Komorbid

Editor: Ferro Maulana

Vaksin moderna. (Foto: Dok Net/ Istimewa).

PMJ NEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan daruratnya atau emergency use authorization (EUA) hari ini Jumat (2/7/2021). Hal itu terkait dengan dikeluarkannya vaksin moderna resmi dipergunakan di Indonesia.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengungkapkan vaksin Covid-19 berbasis mRNA pertama yang datang ke Indonesia ini aman digunakan terhadap orang dengan komorbid.

"Vaksin ini (Moderna) memberikan profil keamanan dan efikasi yang baik pada populasi dengan komorbid. Yaitu bisa diberikan pada pasien dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, liver hati, dan HIV," terang Penny dalam siaran persnya secara virtual, di Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Adapun efektivitas serta keamanan vaksin Moderna teruji baik dan berdasar hasil uji klinis fase 3.

Kemudian, vaksin ini bekerja cukup baik pada tubuh kelompok usia 18-65 tahun dengan efektivitas 94,1 persen dan pada usia di atas 65 tahun efektivitasnya 86,4 persen.

Berkenaan dengan penggunaannya, Penny menerangkan bahwa vaksin Moderna diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak pemberian 1 bulan antara dosis pertama dengan dosis kedua.

BERITA TERKAIT