test

Regional

Kamis, 10 Juni 2021 22:01 WIB

120 Titik Api, Satgas Karhutla Tingkatkan Kesiapsiagaan di Wilayah OKI

Editor: Ferro Maulana

Kasus kebakaran hutan. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumatera Selatan yang terdiri dari personel TNI-Polri meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Adapun kesiapsiagaan tersebut untuk merespon bertambahnya jumlah titik panas (hotspot) dalam sepekan terakhir.

Kapolda Sumsel Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri menegaskan, semua pihak terkait saat ini bekerja keras untuk mengurangi jumlah hotspot di kawasan OKI.

Kapolda Sumsel Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri. (Foto: Dok Net/ Istimewa)
Kapolda Sumsel Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

"Saat ini telah ditemukan 120 titik api di wilayah OKI. Dan, semua pihak terkait sedang berupaya keras memadamkannya,” tutur Kapolda Sumsel.

Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya serta Manggala Agni juga sudah menerjunkan puluhan personel untuk mengatasi ratusan titik api tersebut.

Demikian pula  perusahaan perkebunan dan perusahaan pemilik izin konsesi HTI yang memiliki Regu Pemadam Kebakaran (RPK).

“Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam apel kesiapsiagaan ini karena ini menjadi wujud nyata upaya penanganan kejadian di lapangan,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Danrem 044 Gapo Brigjen Jauhari merangkul Masyarakat Peduli Api (MPA) dan masyarakat sekitar perusahaan untuk membantu dalam mengantisipasi dan penanganan karhutla.

“Walaupun sebagai unsur pendukung yang bersifat sukarela, MPA ini sangat penting bagi kami. Setidaknya memberikan informasi ke posko mengenai ancaman yang bisa terjadi,” tutupnya.

 

 

BERITA TERKAIT