test

News

Jumat, 4 Juni 2021 10:35 WIB

Wacana Penambahan Jalur Sepeda, Polisi: Perlu Kajian Efektivitasnya

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta merencanakan akan memperpanjang jalur sepeda. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Dilantas) Polda Metro Jaya mengusulkan ada pengkajian mendalam terkait rencana Pemprov DKI Jakarta memperpanjang jalur sepeda di Ibu Kota. Wacana ini sempat disampaikan Gubernur Anies Baswedan.

"Perlu pengkajian mendalam terkait efektivitas jalur sepeda tersebut terhadap ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Jakarta," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Menurut Sambodo, sebaiknya dibangun jalur khusus untuk sepeda di Jakarta. Dengan begitu, penerapannya tidak menggunakan jalur kendaraan bermotor yang sudah ada.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News/Yeni).
Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News/Yeni).

"Sebaiknya untuk jalur sepeda membangun jalur sendiri, tidak mengorbankan ruang jalan yang sudah ada," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Anies berencana menambah panjang lintasan jalur sepeda di Jakarta. Bahkan, dia menargetkan di akhir tahun 2021 wilayah Ibu Kota memiliki perlintasan sepeda sepanjang 170 km.

"Adapun jalur sepeda total saat ini ada 63 km, lalu tambahan tahun ini ada 101 km. Jadi harapannya nanti akhir tahun kita punya lebih dari 170 km jalur sepeda," ungkap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis kemarin.

BERITA TERKAIT