test

News

Rabu, 2 Juni 2021 11:20 WIB

Pemantauan Satgas, 53 Persen Kasus Covid-19 Ada di Pulau Jawa

Editor: Fitriawan Ginting

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Sepekan terakhir ini, enam provinsi di Pulau Jawa mendapat pemantauan khusus terkait penyebaran virus corona oleh Satgas Covid-19. Keenam provinsi tersebut, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hasilnya, Pulau Jawa menyumbang penyebaran Covid-19 terbesar diangka 53 persen dari angka secara nasional.

"Ini adalah angka yang cukup tinggi. Mengingat hanya dengan 6 provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah dari total kasus nasional," kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito di YouTube BNPB Indonesia, Selasa 1 Juni 2021.

Wiku meminta pemerintah provinsi di Pulau Jawa segera memperbaiki upaya penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Peran pemerintah daerah disebut sangat penting untuk menekan penambahan kasus Covid-19.

"Jika berhasil memperbaiki penanganan dan menurunkan kasus dalam 1-2 minggu ke depan, bukan tidak mungkin kasus positif tingkat nasional juga akan turun secara drastis. Jika ini terjadi, maka Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar dalam menurunkan penurunan kasus dan itu merupakan prestasi yang sangat baik," ungkap Wiku.

Selain memperbaiki penanganan Covid-19, Wiku mengimbau pemerintah daerah melakukan konsolidasi antarwilayah. Salah satu caranya, memanfaatkan forum komunikasi seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) antar wilayah.

"Hal ini dapat menjadi wadah bagi pimpinan daerah pada 6 provinsi ini, untuk bertemu dan bersama-sama merumuskan penanganan terbaik untuk Covid-19 di Pulau Jawa," tandas Wiku.

BERITA TERKAIT