test

News

Kamis, 27 Mei 2021 16:05 WIB

Polisi Gelar Swab Antigen Gratis untuk Puluhan ABK di Pelabuhan Muara Baru

Editor: Ferro Maulana

Puluhan ABK dan warga jalani swab antigen gratis demi mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kepolisian bersama stakeholder memberikan pelayanan terbaik berupa swab antigen gratis terhadap 26 anak buah kapal (ABK). Yang mana terdiri dari 14 orang ABK KM Naili 12 dan 12 ABK KM Sumber Barohkah Jaya yang bersandar di Dermaga Timur Pelabuhan Muara Baru, baru-baru ini.

Kapolsek Kawasan Muara Baru AKP M Debby Tri Andrestian menjelaskan kegiatan swab test antigen gratis itu juga dilakukan di atas Tongkang SPBB Bumi Yaso Panduta Arta Dermaga Timur Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ), pada Selasa (25/5/2021).

“Adapun hasil pemeriksaan rapid swab antigen terhadap 26 orang ABK tersebut adalah non reaktif (negatif) ya,” tutur AKP Debby saat dikonfirmasi Kamis (27/5/2021).

Puluhan ABK dan warga jalani swab antigen gratis demi mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: PMJ News).
Puluhan ABK dan warga jalani swab antigen gratis demi mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: PMJ News).

Menurut Kapolsek, kegiatan swab antigen ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Polsek Kawasan Muara Baru bekerja sama dengan unit kesehatan Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Kantor Kesehatan Wilker Pelabuhan Muara Baru dengan menggunakan 1 unit mobil Dinas Binmas.

“Itu bertujuan untuk mengetahui kesehatan para anak buah kapal (ABK) yang baru datang dari wilayah luar/daerah untuk menjadi ABK di kapal ikan di wilayah Pelabuhan Muara Baru, dengan memberikan tes swab antigen gratis dan memberikan edukasi guna mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid -19, sesuai arahan pimpinan tertinggi Polri,” jelasnya menambahkan.

Lebih lanjut Kapolsek menerangkan sekaligus mengimbau kepada pengurus dan pemilik kapal ikan agar para pekerjanya yang akan menjadi ABK tetap, harus mengedepankan protokol kesehatan (prokes) dengan menjalankan 5 M.

Antara lain, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi serta interaksi agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Di tempat dan kesempatan yang sama, Kepala PPSNZJ dan Ketua HNPN memberikan apresiasi dengan digelarnya kegiatan rapid swab antigen terhadap ABK maupun buruh pekerja yang dilaksanakan oleh anggota Polsek Kawasan Muara Baru.

Sekadar informasi, selain Kapolsek, kegiatan swab antigen ini juga diikuti oleh oleh Wakapolsek Kawasan Muara Baru  Iptu Basar; Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zahman Jakarta, Rahmat Irawan; Kepala Pangkalan PSDKP Jakarta Sumono Darwinto; dan Kepala Kantor Kesehatan Wilker Pelabuhan  Muara Baru Drg Evi Rotua.

Kemudian juga hadir Urkes Polres Pelabuhan Tanjung Priok Bripda Kurnia Wahyu Abadi; Ketua HNPN (Himpunan Nelayan Purse seine Nusantara), James Then dan 14 personel gabungan terdiri 9 anggota Polsek Kawasan Muara Baru dan 4 orang sekuriti UPT PPSNZJ.

BERITA TERKAIT